Posted by : Tika Senin, 06 Februari 2017


Sejarah, sejarah, sejarah. Sejarah itu apa sih?

Kalau kalian cari di internet, kalian bakal nemuin banyak banget artikel yang ngebahas pengertian dari sejarah. Mulai dari asal bahasa sampai menurut para ahli. Atau barangkali diantara kalian ada yang mager searching dan sukanya baca artikel di blog ini (hehe), aku ada pendapat tentang pengertian dari sejarah nih. Walaupun bukan ahli, tapi nyerempet dikitlah, haha.

Yak, simple aja sih, menurutku sejarah itu peristiwa unik di masa lalu. Kenapa unik? Karena sejarah itu gak bisa diulang persis untuk yang kedua kalinya dan selain penting, sejarah itu abadi. Sejarah itu gak akan berubah dan tetap diingat selamanya. Walaupun kebenaran dari sejarah itu sendiri bersifat subjektif. Banyak ahli yang mengemukakan pendapat tentang suatu peristiwa dan akhirnya muncul berbagai teori.

Nah, setelah satu semester berpisah, sekarang aku dipertemukan lagi dengan pelajaran sejarah Indonesia. Tapi, materi yang bejibun itu akan dihabiskan hanya dalam jangka waktu satu tahun. Padahal materi sejarah untuk sma standarnya dibahas selama tiga tahun. Rada sedih juga sih.

Banyak yang bilang kalau belajar sejarah itu sebenarnya gak ada gunanya. Ngapain belajar sesuatu yang udah berlalu? Memangnya berguna buat masa depan? Jujur, sebenarnya aku sempat setuju dengan pemikiran itu saat pertama kali belajar sejarah di sekolah dasar. Dulu aku pengen banget gak belajar sejarah. Tapi, ternyata bosen juga loh kalau terus-terusan berpikir ke depan. Suntuk. Memang mungkin seharusnya selain masa depan kita juga harus mementingkan masa lalu. Jangan maju terus tanpa menoleh kebelakang.

Harapan selama belajar sejarah Indonesia? Yaa, semoga aja aku bisa nguasain materi dengan cepat, tambah cinta sama Indonesia, bisa menghilangkan mindset kalo pelajaran sejarah itu ngebosenin, kelas sejarah bikin suka pusing (apalagi ulangannya), terus bisa damai sama lalu haha.

Wish me luck! :D

Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

- Copyright © Tinos - Blogger Templates - Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -